PENGOBATAN AL-KAROMAH (PIJAT URUT DAN REFLEXI)

PENGOBATAN AL-KAROMAH (PIJAT URUT DAN REFLEXI)
BILA BAPAK/IBU/SAUDARA (I) MERASA TERPANGGIL UNTUK BEROBAT KE TEMPAT KAMI INSYA ALLAH SAYA HANYA PERANTARA, BILA ANDA YAKIN HANYA KEBESARAN DZAT YANG MAHA PENYEMBUH DAN MAHA BERKEHENDAK MAKA ALLAH AZZA WAZALLA PENYEMBUH SEGALA JENIS PENYAKIT MELALUI KEBESARAN AL-QUR'AN. KAMI TUNGGU KEHADIRANNYA....!!!

Sabtu, 02 Juni 2012

VISI MISI - PROGRAM KERJA SANGGAR UMMAT TANGSEL


Jika selalu kita lihat baik dengan kedua mata kita maupun mata bathin kita, kondisi Sanggar UMMAT selalu terperanjat yang dihadapkan pada permasalahan “Krisis Kepemimpinan”, dimana kalau boleh kita akui bersama kurang terbina koordinasi, konsolidasi, dan komunikasi dengan baik dalam mengembangkan pergerakan organisasi. Sehingga bagi Pengurus Sanggar UMMAT untuk periode yang saya emban ini tugas yang cukup amat berat.

Alhamdulillah kalau rekan-rekan memang telah mempercayai kepada saya dengan menitipkan amanah kepada saya menjadi Ketua Umum Sanggar UMMAT Periode 2012 – 2017, maka saya akan memaparkan Visi dan Misi, Maksud dan Tujuan serta Program Kerja yang akan kita laksanakan bersama-sama. Adapun pemaparan saya sebagai Ketua Umum Sanggar UMMAT Periode 2012-2017 adalah Visi dan Misi, Maksud dan Tujuan, serta Program Kerja yang dalam hal ini saya sekedar meneruskan perjuangan Ketua Umum Periode 2007 – 2012, sebagai berikut :

I.         VISI  DAN  MISI
VISI  :
>  Budaya Menggema Dalam Karya Seni Nyata melalui disiplin keilmuan dan keislaman yang dihantarkan oleh media seni budaya dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang professional, jujur, terampil, mandiri, berilmu, berakhlak mulia, beriman dan bertaqwa.
>     Mewujudkan peserta didik yang berbudaya, mandiri, kreatif, inovatif dan memiliki skill di bidang seni.
MISI  :
1.  Menyiapkan peserta didik menjadi asset bangsa yang produktif yang mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan dapat beradaptasi serta bersaing dalam menghadapi tantangan di masa depan.
2.        Menciptakan tenaga kerja tingkat menengah yang propesional di bidangnya dengan menerapkan kedisiplinan dan kejujuran yang dilandasi oleh jiwa dan semangat keimanan dan ketaqwaan.
3.       Meningkatkan mutu pendidikan melalui disiplin sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan IPTEK, sebagai pusat kegiatan peserta didik dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia di bidang pendidikan melalui berbagai kegiatan seni.
4.     Meningkatkan pendidikan yang berorientasi kepada peningkatan keterampilan siswa.
5. Mendorong peningkatan dan perkembangan kehidupan kesenian sejalan dengan kebutuhan masyarakat
6. Mendorong dan meningkatkan mutu karya seni sejalan dengan meningkatnya apresiasi masyarakat terhadap kesenian
7.    Meningkatkan, mengembangkan dan menampung peran serta masyarakat di bidang pembangunan kesenian
8. Meningkatkan pembinaan dan pengembangan kesenian sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku seni

MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan yang akan dilakukan untuk SANGGAR UMMAT adalah :
1.        Sebagai pedoman dan arahan dalam menjalankan roda organisasi, sehingga terdapat gerak dan langkah yang sama bagi segenap jajaran Pengurus SANGGAR UMMAT dalam mewujudkan visi dan misi organisasi.
2.  Sebagai langkah strategis yang harus dicapai bagi seluruh jajaran Pengurus SANGGAR UMMAT dalam menentukan kegiatan organisasi selama satu periode kepengurusan.
3.        Sebagai pedoman yang mengikat secara kelembagaan bagi seluruh jajaran Pengurus SANGGAR UMMAT.
4.    Menanamkan kepada setiap Pengurus, Anggota, dan Simpatisan Sanggar UMMAT untuk dapat menyenangi, menghargai, mencintai, dan rasa memiliki pada karya seni budaya/organisasi melalui kegiatan – kegiatan, pelatihan dan atau pembinaan secara terpadu dan terarah.

SASARAN  PROGRAM
Sasaran Internal :
1.       Kokohnya keutuhan dan kekompakan seluruh jajaran Pengurus SANGGAR UMMAT dalam menunjang berbagai aktivitas seni budaya khususnya bagi organisasi dan umumnya bagi masyarakat sekitarnya.
2.   Meningkatkan citra SANGGAR UMMAT sebagai lembaga atau organisasi yang berasas Pancasila, menjunjung tinggi nilai nilai kultur, seni, estetika, etika, keadilan, kejujuran dan demokrasi.
3.      Mantapnya SANGGAR UMMAT sebagai lembaga seni budaya yang sehat, mandiri, berkualitas, memiliki kemampuan daya saing dan kerjasama untuk manjalankan tugas dan fungsinya dalam kehidupan berkesenian dan kebudayaan dapat membuktikannya dengan karya nyata dan bermanfaat.
4.  Meningkatkan citra SANGGAR UMMAT dalam mengemban amanat komunitas seniman dan budayawan sekitarnya dengan menampung, menyalurkan, memperjuangkan dan membela aspirasinya secara proporsional, demokratis dan konstitusional.
5.       Meningkatnya pendayagunaan jajaran aparat fungsionaris lembaga/organisasi  sesuai dengan posisi, tugas dan bidang tugas masing masing.
6.        Menyamakan persepsi dalam gerak dan langkah dengan tetap mengacu pada  aturan yang telah ditetapkan sesuai ketentuan AD/ART SANGGAR UMMAT.

Sasaran Eksternal :
1.  Mantapnya peran SANGGAR UMMAT sebagai mitra Pemerintah pada tingkat Kelurahan, Kecamatan, dan Kabupaten/Kota didalam menentukan kebijakan pada bidang seni budaya.
2.        Meningkatnya partisipasi aktif SANGGAR UMMAT, dalam meningkatkan kesadaran berkesenian dan kebudayaan dalam internal organisasi maupun eksternal organisasi pada kehidupan masyarakat sekitarnya.
3.  Meningkatkan jalinan hubungan strategis dengan para pihak dalam rangka pengembangan dan perbaikan institusi.


PROGRAM  KONSOLIDASI
1.    Konsolidasi Manajemen dan Organisasi.
1.  Peningkatan kemandirian dan inisiatif SANGGAR UMMAT dalam menghadapi perkembangan zaman, sehingga mampu mengambil peran positif dan aktif dalam proses pembangunan dan pemberdayaan kebudayaan.
2.  Peningkatan kinerja, efektivitas, dan efisiensi kepemimpinan dan pengelolaan institusi melalui berbagai pembenahan dan penyempurnaan yang benar-benar dapat dirasakan hasil dan manfaatnya untuk mengaktifkan gerak dan langkah SANGGAR UMMAT, antara lain dengan pembenahan posisi dan fungsi sekretariat yang profesional dan efektif dalam mendukung keberhasilan program Kerja.
3.  Pembentukan dan Pengembangan Lembaga/Badan/Unit usaha  yang dapat membantu keberhasilan program Kerja SANGGAR UMMAT dengan prinsip melibatkan personal yang benar-benar memiliki komitmen, idealisme, kesediaan berkorban, waktu luang, wawasan, dan kemampuan secara lebih selektif.
4.   Pengembangan fungsi manajemen organisasi secara efektif dan efisien. Termasuk dalam koordinasi antar Wakil ketua Bidang, Badan (Unit usaha), dan Komite, disertai penataan organisasi yang lebih dinamis dan produktif dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam program Kerja SANGGAR UMMAT.
5.   Peningkatan kualitas Jajaran fungsionaris atau Pengurus dalam pengembangan wawasan pemikiran, keteladanan, komitmen, serta kemampuan profesional melalui refreshing, upgrading, jobtraining, dialog dan forum kajian, serta kegiatan yang sejenisnya.
6.  Pengembangan informasi tentang berbagai aspek dan kepentingan SANGGAR UMMAT melalui bank data dan kerjasama dengan berbagai pihak.
7.        Peningkatan efektifitas komunikasi dan pelayanan informasi  di seluruh jajaran dan fungsionaris SANGGAR UMMAT, sebagai bagian penting dalam pengelolaan organisasi dan pengembangan aksi.
2.    Kerjasama Kelembagaan.
1.        Peningkatan peran SANGGAR UMMAT dalam membangun jaringan kerjasama di bidang pengembangan SDM, pendidikan dan latihan, pengembangan masyarakat, dan program-program lainnya dengan Lembaga Swadaya Masyarakat serta para pihak yang terkait lainnya sesuai pada prinsip dan kepentingan SANGGAR UMMAT.
2.        Pengembangan komunikasi dan kerjasama khusus dengan komunitas-komunitas seni dan budaya yang diarahkan pada pencapaian tujuan SANGGAR UMMAT yang produktif dalam berbagai bentuk program kerjasama, yang bersifat praktis untuk kepentingan bersama.
3.        Peningkatan penggalian dana yang lebih produktif. Seperti usaha yang bergerak di bidang kegiatan bisnis, seperti Event organizer dan usaha-usaha lainnya sehingga aliran dana bisa semakin berkembang untuk kepentingan finansial pelaksanaan program Kerja SANGGAR UMMAT pada masa kini maupun masa mendatang.

PROGRAM  KERJA  PERIODE  2012-2017

Adapun Program Kerja yang akan saya terapkan adalah tidak terlepas dari Visi dan Misi yang telah saya uraikan. Namun untuk merealisasikannya membagi pada tingkat Program Tingkatan/Skala.

A.    Program Jangka Pendek  :
1.  Menghidupkan dan mengembangkan pelaksanaan kegiatan seni budaya yang selama ini berperan didalam organisasi Sanggar UMMAT, seperti : Seni Teater, Seni Musik, Seni Tari, Seni Sastra, Seni Rupa, dan Seni Lukis.
2.   Pelantikan/Workshop Pengurus dan Anggota Sanggar UMMAT.
3.   Merealisasikan Job Description pada posisi yang sebenarnya.
4.  Memberikan kepercayaan kepada Bendahara untuk memanajemen keuangan organisasi dengan selalu menggunakan lajur Akuntable dan Komunikasi terbuka, baik dalam pemasukan maupun pengeluaran.
5.  Membuat pertemuan per-Enam Bulan sekali antara pengurus dan anggota sebagai bahan kontroling dan evaluasi bersama.
6.   Membuat dan merevisi RAPB.
7. Melaksanakan kegiatan pelatihan/pembinaan kepada pengurus dan anggota yang berkaitan pada bidang seni budaya (seni teater, seni musik, seni sastra, seni rupa/lukis, dan seni tari) dan pada bidang-bidang lainnya yang bertujuan untuk pengembangan sumber daya manusia lebih berpotensial, kreatif, dan mandiri.
8.  Membiasakan Tilawatil Qur’an pada setiap kegiatan, baik itu pengajian bulanan, rapat pengurus dan anggota, dan kegiatan lainnya.

B.    Program Jangka Menengah  :
1.  Menertibkan Administrasi seperti : pengarsipan surat menyurat, penerbitan kartu anggota, dan lain sebagainya yang secara flexible karena merupakan central pergerakan maju mundurnya perjalanan organisasi Sanggar UMMAT.
2.   Melaksanakan atau melakukan Studi Banding.
3.   Memberikan kepercayaan 100% kepada seluruh civitas organisasi Sanggar UMMAT.
4.   Membentuk Kepanitiaan, seperti :
      >  Panitia PHBI/PHBN
      >  Panitia Halal Bihalal/Wisata Pengurus dan Anggota
      >  Panitia Musyawarah Luar Biasa Pengurus dan Anggota
      >  Kunjungan masyarakat
      >  Workshop/Diklat
      >  Dan lain sebagainya
      Hal ini kemungkinan akan dilakukan secara berkala.
5.   Menghargai pendapat siapapun selama itu berdaya guna dalam mengembangkan dan memajukan seni budaya, khususnya bagi organisasi dan umumnya bagi masyarakat sekitarnya, sehingga memberikan minat/daya tarik yang positif dan manfaat.
6.   Mengadakan halal bihalal dari rumah ke rumah sesama pengurus dan anggota.
7.   Mengusahakan pengadaan Komputer/Infocus untuk kelangsungan operasional, kinerja pengurus, dan kegiatan organisasi lebih efektif dan efisiensi.

C.    Program Jangka Panjang  :
1.  Menyusun AD/ART dan Pendaftaran SANGGAR UMMAT ke Dinas Pendidikan, Kebudayaan, dan Pariwisata, bertujuan untuk melegalitasikan.
2.  Mewujudkan usaha dan keinginan organisasi Sanggar UMMAT untuk memiliki Kesekretariatan/Kantor yang refresentatif dan nyaman untuk aktivitas kinerja.
2.    Mencari Donatur yang perduli terhadap dunia pendidikan pada bidang seni budaya serta pengembangan organisasi secara berkala.
3.    Pengrekrutan anggota sebagai calon kader dengan secara selektif dan efisien.
4. Mengikutsertakan atau Melaksanakan Pelatihan/Pembinaan Komputerisasi, Administrasi, Wirausaha, dan lain sebagainya kepada Pengurus, Anggota, dan masyarakat sekitarnya.
5.    Membentuk TIM RAPB dan mensyahkan menjadi APB.
6.  Mendirikan Taman Bacaan/Perpustakaan Kecil yang manfaat untuk pengurus, anggota dan masyarakat.
7.  Membangun, mengembangkan, dan memajukan mutu kualitas dan kuantitas organisasi menjadi semakin lebih bagus dan lebih baik, dengan menjalin kerjasama kepada lembaga/instansi terkait secara berkala.
Ciputat Timur, 26 Mei 2012
Dewan Pembina,                                           Ketua  Umum,                                   Sekretaris,     




(SHOLIHIN IBNU SYAFE’I, S.Pdi.)             (MOH  FACHRI  FARID)                 (ZAINI  MUNJI)



Tidak ada komentar: